Gadget Dikurangi Saat Si Anak Liburan

Posted by on Jumat, 26 Juli 2013


Waktu liburan adalah surga bagi semua anak yang bersekolah, terutama siswa SD. Mereka berfikir "inilah waktu bermalas-malasan sepanjang hari di rumah". Namun bagi orang tua ini tidaklah benar, mereka harus tetap disiplin dan mengerti kapan waktu bermain dan kapan waktu berkumpul dengan keluarga.
Ketika liburan, bermain dengan gadget yang mereka punya, menikmati setumpuk film, dan hang out bersama teman-teman adalah hal wajib bagi mereka. Dan setiap orang tua berfikir "meskipun mereka libur, setidaknya mereka bisa mempunyai pengalaman dari masa liburan ini". Dan itu memang benar, liburan bukan untuk bermalas-malasan dan bermain sepanjang waktu, tapi harus ada pengalaman didalamnya.
Inilah beberapa cara agar liburan mereka tidak sepenuhnya berada didepan gadget dan mereka tetap dekat dengan keluarga dan saudaranya:

1. Beri batasan waktu.
Memberi batasan waktu untuk bermain di depan komputer atau tablet miliknya. Negosiasikan hal ini dengan si anak jangan lua untuk menjelaskan alasan Anda melakukan ini. Pertimbangkan umur mereka, karena umur juga akan mempengaruhi waktunya, tidak mungkin Anda memberi kesempatan yang sama pada anak usia 6 tahun dengan 13 tahun. Tentu tidak, anak yang lebih tua akan memiliki tanggung jawab membantu orang tua dari pada adiknya yang masih berusia 6 tahun.
2. Perbanyak waktu dengan keluarga.
Beberapa anak jika sudah berhadapan dengan SmartPhone atau laptopnya akan lupa dengan apa yang ada di sekitarnya. Menyarankan mereka untuk meninggalkan gadget sejenak dan mengajak mereka untuk menikmati acara TV, seperti film kartun yang mempunyai pesan moral bagi kehidupan. Usahakan memilih acara atau film yang bisa dinikmati oleh semua umur dan yang pasti acara yang tidak membosankan.  Ini akan menumbuhkan kedekatan keluarga.
3. Berikan contoh untuk mereka.
Apabila Anda seorang yang sangat sibuk dan tidak bisa terlepas dari SmartPhone Anda, mungkin anak Anda juga akan meniru kebiasaan ini. Mengoperasikan gadget dimanapun dan kapanpun sudah tidak sewajarnya bagi anak-anak. Berikan penjelasan kepada mereka mengapa Anda tidak bisa terlepas dari SmartPhone, dan jika mereka meniru hal ini arahkan dengan kata-kata yang bijak. "Karena ayah harus memeriksa email penting dari rekan kerja, tapi itu tidak dilakukan sepanjang waktu, hanya jika diperlukan saja," itulah alasan yang tepat untuk mereka dan mereka akan memahami mengapa Anda selalu membawa gadget kemanapun.
4. Bersikap fleksibel.
Setelah seharian pergi bersama atau melakukan perjalanan jauh dari tempat camping, sekaranglah waktunya untuk bersantai bersama. Jika Anda usai berenang di bawah terik matahari bersama, ajaklah mereka beristirahat di satu tempat yang dingin. Kegiatan ini lebih efektif untuk membangun kedekatan keluarga dari pada membiarkan mereka bermain games online berjam-jam.
Meski liburan adalah surga bagi anak-anak tidak sepatutnya mereka meninggalkan kedekatan keluarga dan melupakan aktifitas bersama. Sikap seperti itu tidak baik, karena kedekatan dengan keluarga adalah hal yang utama untuk anak-anak. 

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut